Rabu, 04 Juni 2008

KeLeBiHaN jUrUsAn ILmU kOmUnIkAsI

..jurusan komunikasi tuh apa sih dan mempelajari apa aja dan prospek kerjanya gimana ya????



bagus banget nich,,, buat lo mau ambil jurusan komunikasi, karena zaman sekarang, komunikasi tuh udah penting banget, kenapa gitu? karena komunikasi yang nentuin segalanya.. sehebat apapun perusahaan a (dengan pekerja2 dari lulusan univ terbaik), tapi kalo kurang komunikasi ke masyarakat, tetep aja dipandang jelek (disini Public relation en advertising berperan penting, nanti gue jelasin satu2 tentang pembagian jurusannya)... trus, sehebat apapun presiden, ato sebagus apapun negara, kalo kurang komunikasi sama juga boong... jadi, mempelajari ilmu komunikasi zaman sekarang tuh pas banget.. sejauh ini, udah ngerti kan pentingnya komunikasi?
lo juga bisa nonton film amerika THE WEST WING, tuh tentang public relationya presiden amerika..

biasanya dalem jurusan komunikasi ada 4 jurusan yang paling dasar:
1. public relation : disini lo pelajarin tentang hubungan suatu perusahaan dengan masyarakat, lo berusaha ciptain good image perusahaan/selebritis atau bahkan presiden (seperti kejadian bill clinton yang selingkuh,PRnya hebat banget bisa nyusun kata2 yang buat orang memaafkan en dukung bill clinton) kepada masyarakat luas.. lo juga tanggung jawab buat nyelesain masalah yang merusak nama baik perusahaan/orang tersebut... pokoknya funn banget... lo mesti belajar buat pahami orang yang ada disekitar lo buat nantinya berguna banget waktu lo melakukan strategi PR..
prospek kerjanya :public relation, event organiser, management artis, public speaker, dll..

2. advertising : disini lo belajar tentang periklanan, buat iklan, en gak harus bisa gambar kok, karena bisa pake komputer, yang penting kreatif... lo disini belajar semua2nya tentang iklan, media iklan, sampe pekerjaan lo di periklanan.
prospek kerjanya: semua yang ada di advertising agency (bagian media,bagian creative,dll)

3.marketing : disini belajar tentang marketing/pemasaran tapi lebih ke komunikasinya..
prospek kerjanya : marketing, public speaker,sales ,dll

4. mass communication: disini belajar tentang broadcasting, mulai dari bikin script buat radio ato berita, trus cara bikin film, cara editing,cara jadi presenter, sutradara, kameramen,dll.. semua yang berbau2 broadcast deh..
prospek kerjanya : yang ini banyak, hampir semua bidang komunikasi bisa jadi pekerjaan yg lulus dari jurusan mass communication, soalnya di mass communication pelajarin public relation, advertising en marketing juga..

sebenarnya pada dasarnya prospek kerjanya udah bagus, soalnya zaman gini, masyarakat indo udah ngerti kelebihan dari jurusan komunikasi yang ternyata penting banget...
belajar komunikasi seru deh..

7 komentar:

cerita kita mengatakan...

WAH,,,MANG BETUL BANGET TUCH,,,,W JUGA NGAMBIL JURUSAN ILMU KOMUNIKASI YANG ADA DI SALAH SATU UNIVERSITAS SWASTA,,,DAN TERNYATA HAMPIR SEMUA UNUVERSITAS YANG ADA MATA KULIAH KOMUNIASI BANYAK PEMINATNYA LOCH,,,,CUZ,,,PAS BANGET BUAT KAMU-KAMU YANG SUKA BERKREASI DAN PUNYA IMAJINASI YANG TINGGI,,,DI JAMIN GAX BAKALAN NYESEL DECH,,,,

Elisa Ekaputri mengatakan...

Kalau mau ambil jurusan PR, baiknya di SMA, ambil IPA atau IPS?

upil mengatakan...

buat anonymous,

sebenernya buat ambil komunikasi ga harus terpaut kamu masuk jurusan IPA atau IPS, karena dua2nya ga ada yang ngajarin ilmu komunikasi di sekolah artinya kita belajar dari awal di kampus.

tapi lebih baik buat ngambil IPS, karena di komunikasi nanti akan menyinggung beberapa pelajaran yg ada di jurusan IPS, seperti sociology, antropology, dan__kalau ada__ akuntansi ^_^

Unknown mengatakan...

kak kalau ambil jurusan ilmu komunikasi, pilih mass communication itu peluang cari kerja nya mudah gak kak?
tolong dijawab ya.. :)

Unknown mengatakan...

Ka klo buat yg pinter ngomong gmn ya ?

Mohammad Taufan Pramono mengatakan...

gan, saran aja sih. kalau bisa agar bahasa postingan blog sedikit lebih formal. karena ini kemasannya informasi atau menginformasikan dan kemungkinan termaksud saya menggunakan sebagai literatur resmi, sedikit membuat para pembaca kurang nikmat dalam melink sumber informasi. dan membacanya.

hanya sekadar saran. agar lebih baik lagi.

Unknown mengatakan...

IPS